Membuat Program Afiliasi Toko Online dengan 3 Pilihan Plugin WordPress

Bisnis online bukan lagi suatu hal yang baru saat ini. Dengan makin mudahnya akses digital dari waktu ke waktu, ada lebih banyak cara untuk memulai bisnis tanpa modal yang begitu besar, seperti bisnis yang dijalankan secara online. Mereka yang baru mulai merintis usahanya pun bisa memanfaatkan promo Black Friday untuk membuat website toko online.
Membuat Program Afiliasi Toko Online dengan 3 Pilihan Plugin WordPress

Walau begitu, membuat toko online dengan website gratis bukanlah satu-satunya cara untuk memasarkan produk yang Anda jual. Pada dasarnya, fungsi website untuk sebuah toko online adalah sebagai tempat untuk men-display produk. Tujuannya agar para pelanggan bisa dengan lebih mudah melihat produk dari brand secara langsung dengan sekali klik.

Baca juga: Plugin WordPress untuk Mengelola Bisnis Online dengan Lebih Efektif dan Mudah

Bukan hal yang salah apabila Anda menganggap sebuah website merupakan cara untuk memasarkan produk bisnis dengan lebih mudah. Namun, toko online Anda juga tidak akan dikunjungi apabila Anda tidak mengusahakan cara selain memajang produk-produk Anda di website. Maka, perlu ada cara lain untuk memasarkannya dengan lebih maksimal.

Pemasaran dengan Membuat Program Afiliasi

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan website toko online Anda. Salah satunya adalah dengan membuat program afiliasi. Pemasaran dengan cara ini sudah banyak dimanfaatkan untuk menaikkan omset penjualan dengan mengikutsertakan keterlibatan pihak ketiga sebagai affiliate.

Saat membuat program afiliasi, Anda bisa merancang peraturan tersendiri untuk mereka yang nantinya bergabung sebagai affiliate marketing. Peraturan tersebut meliputi persentase komisi yang dibayarkan, berapa jumlah minimal komisi yang bisa dicairkan, hingga kode voucher dan link affiliate yang digunakan.

Baca juga: 5 Website Belajar Coding Online untuk Programmer Pemula

Dalam program ini, affiliate link berfungsi untuk mengarahkan calon pelanggan ke landing page produk yang ingin dipasarkan. Link ini bisa dicantumkan dan disebarluaskan melalui platform digital yang digunakan oleh para affiliate, baik website, blog, maupun media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Penggunaan link dan juga kode voucher tersebut nantinya berfungsi untuk menghitung berapa banyak jumlah komisi yang perlu Anda bayarkan kepada pihak affiliate. Jika tertarik untuk membuat program afiliasi untuk memasarkan produk Anda, ada sejumlah plugin WordPress yang bisa dimanfaatkan.

Berikut 3 plugin WordPress untuk membuat program afiliasi di website toko online Anda.

1. Affiliates

Affiliates - Plugin Wordpress untuk Program Affiliasi Toko Online

Dari sekian banyak plugin yang dilengkapi dengan berbagai tools untuk mengembangkan suatu program afiliasi, Affiliates merupakan salah satu yang cocok bagi developer. Plugin ini memungkinan Anda untuk melakukan customize dengan bermacam-macam model data yang berbeda.

Melalui plugin Affiliates, program yang dibuat pada website bisa dimaksimalkan dengan fitur yang mampu menunjukan performa dari member afiliasi toko online Anda. Informasi di dalamnya meliputi data hasil analisis dari seberapa banyak jumlah penjualan dan seberapa tinggi peningkatannya.

Baca juga: Manfaatkan Blog untuk Mendapatkan Uang dari Internet dengan 3 Cara Ini

Untuk dapat memanfaatkannya, Anda bisa menggunakan versi gratis yang sudah terintegrasi dengan ekstensi WordPress lain, seperti Buddy Press, Ninja Forms, Contact Form 7, Captha dan reCAPTHA, serta WooCommerce Light. Namun untuk lebih memaksimalkannya, Anda bisa menggunakan versi pro atau premium dari plugin ini.

Dengan membayar sejumlah 59 USD, Anda sudah bisa menggunakan versi premium dari plugin Affiliates. Melalui versi premium dari plugin ini, Anda dapat menentukan berbagai jenis tarif komisi, cara pemasangan banner untuk pihak affiliate, fitur untuk memindahkan afiliasi yang sudah dijalankan oleh para member, fitur pembayaran komisi, dan lain sebagainya.

2. Affiliate Royale

Affiliate Royale - Plugin Wordpress untuk Program Affiliasi Toko Online
“It turns WordPress into the best affiliate program ever”

Begitulah klaim yang ditujukan Affiliate Royale WordPress kepada para penggunanya. Bisa jadi klaim ini muncul berkat kemudahan setup dan penggunaan dari sistem manajemen afiliasi premium yang diakomodir oleh plugin ini. Dashboard yang disediakan pun mampu dengan efektif digunakan oleh para member afiliasi untuk mengelola database-nya sendiri.

Untuk keperluan seperti mengubah informasi akun, mengunduh referral link dan banner, menganalisa traffic dan statistik penjualan, serta melakukan tracking history pembayaran yang telah dilakukan, para affiliate Anda bisa mengolahnya langsung melalui dashboard tersebut. Anda pun berhak memiliki dashboard admin yang khusus digunakan oleh pemilik toko online.

Penggunaan dashboard admin tersebut memungkinkan Anda untuk memanfaatkan berbagai fitur khusus pengelola program, seperti fitur penentuan besaran komisi yang diterima para member afiliasi, mengecek laporan secara reguler, melacak jumlah transaksi afiliasi dan hasil penjualannya.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Membuat Website Portofolio untuk Freelancer

Di samping itu, Anda juga bisa mengecek pembayaran komisi yang tertunda, memilih siapa member afiliasi terbaik serta menentukan berapa jumlah bonus yang berhak mereka dapatkan melalui dashboard admin ini. Sehingga, Anda tidak perlu capek melakukan pengecekan manual dari sekian banyak affiliate yang sudah bergabung dengan program afiliasi toko online Anda.

Apabila Anda menggunakan beberapa platform seperti Easy Digital Downloads, WooCommerce, maupun Shopp, Anda tidak perlu melakukan konfigurasi ulang untuk menginstall plugin ini. Namun jika Anda memakai Contact Form 7, PayPal and Wishlist Member, dan Authorize.Net ARB, Anda masih harus melakukan beberapa pengaturan melalui fitur konfigurasinya.

Jika Anda tertarik dengan berbagai fitur yang ditawarkan plugin Affiliate Royales, Anda bisa menggunakan dengan membayar biaya sekitar 85 USD untuk paket merchant edition dan 165 USD untuk paket developer edition, dengan durasi paket hingga 2 tahun. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pelacakan dan analisa data penjualan melalui program afiliasi yang dibuat.

3. Ultimate Affiliate Pro

Ultimate Affiliate Pro - Plugin Wordpress untuk Program Affiliasi Toko Online

Familiar dengan istilah multi-level marketing system atau yang kerap disebut MLM? Plugin afiliasi ini memungkinkan Anda untuk membuatnya. Sebagai sebuah plugin untuk website berbasis WordPress, Ultimate Affiliate Pro bisa dikatakan plugin premium untuk program afiliasi, dengan menyediakan fitur yang berbeda dari plugin afiliasi biasa.

Dengan menggunakan plugin ini, Anda mampu menjalankan suatu program afiliasi yang memberikan informasi detail terkait pencapaian yang didapatkan seluruh partner afiliasi Anda. Tidak hanya mampu membentuk peringkat secara otomatis, plugin ini juga mampu memberikan level komisi dan bonus yang berbeda.

Selain itu, plugin ini juga memungkinkan Anda untuk menyediakan referral reward pada proses checkout oleh para pelanggan melalui fitur Fair Checkout Reward. Penggunaannya pun bisa diterapkan pada layanan WordPress yang terintegrasi dengan platform membership, seperti Ultimate Membership Pro, WooCommerce, hingga Easy Digital Downloads.

Baca juga: Bisnis Online Makin Lancar dengan 5 Plugin WordPress Ini

Agar dapat menggunakannya secara maksimal, Anda bisa membeli plugin Ultimate Affiliate Pro melalui Envato Market dengan biaya 49 USD. Biaya tersebut sudah termasuk layanan bantuan yang tersedia hingga jangka waktu 6 bulan. Jika ingin memanfaatkan layanan bantuan hingga setahun, Anda hanya perlu menambah 16.5 USD.

Jika sudah melakukan pembayaran, Anda akan mampu memanfaatkan berbagai fitur afiliasi seperti fitur untuk membuat kode diskon, link generator, hingga pembuatan promo menarik bagi para pelanggan yang tertarik menjadi bagian dari program afiliasi toko online Anda. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang bergabung memasarkan produk Anda.

Kesimpulan

Apabila Anda sudah membuat website toko online, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan pemasaran lebih lanjut untuk meningkatkan omset penjualan. Website Anda pun juga perlu dipromosikan melalui langkah-langkah pemasaran lain, seperti dengan membuat program afiliasi.

Dengan program afiliasi, Anda bisa mengajak siapa saja yang tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Program ini akan membantu Anda dalam menyebarluaskan informasi terkait produk toko online Anda. Melalui referral link atau voucher yang diberikan kepada para member afiliasi, Anda bisa meningkatkan angka pendapatan dan meraih untung lebih banyak.

Advertisement

Free and premium blogger templates