Cara KPI Software Mengukur Kinerja Karyawan

Kinerja karyawan adalah salah satu faktor penting bagi perkembangan bisnis perusahaan. Maka dari itu, HRD selaku divisi yang bertanggung jawab untuk mengelola kinerja karyawan melakukan berbagai cara untuk mengembangkan kinerja karyawan lebih optimal. Salah satunya melalui KPI Software. 

Cara KPI Software Mengukur Kinerja Karyawan

KPI atau kepanjangannya adalah Key Performance Indicator adalah sebuah parameter yang digunakan untuk mengukur atau meninjau seberapa jauh perkembangan suatu hal terhadap tujuan yang sudah ditetapkan perusahaan.

Bisa dikatakan KPI Software adalah salah satu cara modern untuk mengukur bagaimana perkembangan kinerja karyawan melalui teknologi. 

Lantas, bagaimana sih cara kerja KPI Software tersebut? 

Cara Kerja KPI Software

Sebenarnya, cara kerja KPI software cukup sederhana. HR admin terlebih dahulu akan menentukan parameter dari setiap divisi atau individu terkait pekerjaannya. Lalu, progress kinerja perusahaan juga akan terdeteksi secara otomatis melalui software. 

Nantinya, manajer dan HRD dapat membandingkan antara kinerja tersebut dengan parameter yang sudah ditetapkan. Perbandingan data kinerja dan parameter yang sudah ditetapkan bersifat realtime, maka kinerja karyawan dapat terpantau saat itu juga. 

Selain itu, HRD juga dapat memproses laporan kinerja karyawan secara otomatis menggunakan KPI Software. Tidak perlu lagi menggunakan cara manual untuk merekap dan memproses hasil kinerja karyawan. 

Keuntungan Menggunakan KPI Software

Jika dilihat dari penjelasan di atas, salah satu keuntungan dari KPI Software adalah mampu memproses data dan informasi kinerja karyawan menjadi laporan secara otomatis. Namun, ada keuntungan lain bila perusahaan memilih menggunakan KPI Software: 

Menyimpan Informasi Lebih Sistematis

Biasanya, HRD akan kesulitan untuk memproses dan menyimpan informasi terkait kinerja karyawan dan pekerjaannya. Berkat adanya KPI Software, semua informasi dapat disimpan secara sistematis dalam satu pusat. Kemudahan ini juga akan membantu HRD dalam mengakses serta mencari informasi kinerja karyawan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Aman dan Rahasia

Keamanan dan kerahasiaan data tentu menjadi aspek penting dalam pengelolaan karyawan. Tak jarang dijumpai berbagai kasus penyalahgunaan karyawan ketika data dan informasi tersebut jatuh ke oknum yang tidak bertanggungjawab. Untuk mengatasinya, KPI Software didukung cloud based server yang menjamin keamanan dan kerahasiaan data karyawan. Contoh KPI Software tersebut adalah software dari LinovHR. 

Mudah Digunakan dan Fleksibel

Fleksibilitas tentu merupakan dambaan bagi para karyawan, tak terkecuali bagi HRD. KPI Software dapat membantu HRD dan manajer dalam memantau atau meninjau kinerja setiap karyawan karena software ini bisa digunakan di mana saja dan kapan saja.

Fitur dan tampilan yang tersedia di KPI Software pun umumnya cukup user friendly, membuat HRD tidak membutuhkan waktu lama dalam beradaptasi untuk menggunakan software. 

Penutup

Demikianlah penjabaran singkat mengenai cara kerja KPI Software dan apa saja keunggulan utamanya. Bisa disimpulkan bahwa KPI Software merupakan salah satu sarana yang akan memaksimalkan pengelolaan karyawan di perusahaan. Jadi, tidak ada salahnya bila perusahaan Anda mulai beralih menggunakan KPI Software. 

 

Niagahoster
Starts from
$2.5
/Month

Vultr

Read Review
  • One-click installation of 20+ apps
  • Available 17 worldwide locations
  • 100% local SSD and high performance Intel CPUs
  • Infinite OS combinations
Visit Site
Gunakan link di atas untuk saldo akun $100 gratis
Niagahoster
Mulai dari
Rp10K
/Bulan

Niagahoster

View Details
  • Free SSL Certificate
  • Garansi 30 hari
  • Free domain & website migration
  • Tersedia unlimited disk space (shared hosting, kecuali paket bayi)
Visit Site
Diskon unlimited hosting hingga 75%
Niagahoster
Mulai dari
Rp15K
/Bulan

IDCloudHost

View Details
  • Free SSL Certificate
  • LiteSpeed Enterprise dan Load Balancer
  • Unlimited Email
  • cPanel Control Panel
Visit Site
Tersedia Cloud VPS termurah, hanya Rp68 /jam
Free and premium blogger templates