Meningkatkan Jumlah Pelanggan dengan Layanan Live Chat di Website Toko Online

Menjalankan bisnis bukanlah untuk semua orang. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin membangun bisnis yang sukses dan dikenal masyarakat luas. Salah satu caranya adalah dengan membuat website toko online melalui jasa pembuatan website. Jasa ini dapat membantu Anda dalam membangun toko online dengan lebih mudah.
Meningkatkan Jumlah Pelanggan dengan Layanan Live Chat di Website Toko Online

Dengan sebuah website toko online, Anda bisa lebih bebas mengelola produk-produk yang ingin dijual. Selain itu, adanya website juga memungkinkan brand Anda untuk lebih mudah diingat para pelanggan. Website pun dapat memudahkan pelanggan dalam mengontak Anda dengan cara membuat email khusus dengan nama yang sama seperti toko online Anda.

Pengelolaan website yang tepat memang memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Apalagi di era digital seperti saat ini, hampir semua orang memiliki fasilitas untuk mengakses sesuatu secara online. Namun, bukan tidak mungkin jika nantinya Anda akan merasa kerepotan dengan membludaknya jumlah pelanggan yang datang.

Baca juga: 5 Website Belajar Coding Online untuk Programmer Pemula

Lantas, jika jumlah pengunjung Anda sudah cukup banyak, bagaimana cara mengelolanya?

Salah satu metode yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan tools berupa plugin live chat. Plugin yang mengakomodir pembuatan live chat pada sebuah website ini mampu membantu para pemilik toko online untuk berinteraksi lebih mudah dengan para pelanggan.

Mengapa perlu memanfaatkan live chat di website toko online?

Saat Anda menjalankan sebuah bisnis, komunikasi dengan para pelanggan menjadi aspek utama yang tidak boleh dilewatkan. Adanya sarana komunikasi dengan pelanggan seperti email atau contact form memang bisa memudahkan pelanggan yang ingin bertanya maupun menyampaikan keluhan terkait produk yang Anda jual.

Baca juga: Plugin WordPress untuk Mengelola Bisnis Online dengan Lebih Efektif dan Mudah

Namun, di antara seluruh sarana komunikasi dengan pelanggan yang tersedia, live chat layak menjadi unggulan para pengelola toko online. Adanya live chat memungkinkan para pelanggan untuk langsung berbincang sembari mengakses website toko online Anda. Cara ini tentu akan lebih efektif jika didukung dengan sistem yang tepat.

Sistem yang tepat untuk sebuah live chat bisa dilihat dari cara pengelolaannya. Dengan live chat, mau tidak mau Anda harus bisa menjawab berbagai jenis pertanyaan dengan cepat. Jika sistem Anda tidak mampu mengakomodirnya, nantinya Anda sendiri yang akan kewalahan dan sulit mempertahankan pelanggan yang sudah percaya dengan produk Anda.

Baca juga: Membuat Program Afiliasi Toko Online dengan 3 Pilihan Plugin WordPress

Jika sudah siap dengan konsekuensi tersebut, Anda juga akan siap memberikan fasilitas ini kepada para pelanggan. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan apabila Anda sudah menggunakan layanan live chat, di antaranya:

  1. Toko online terlihat lebih terpercaya dan profesional. Keberadaan fitur live chat pada akan membuat pengunjung yang mengakses website merasa lebih nyaman untuk segera mencari tahu lebih lanjut seputar produk-produk yang diminatinya langsung dari Anda.
  2. Akses serta respon yang lebih mudah dan cepat. Selama Anda online, pelanggan bisa mendapatkan respon yang lebih cepat. Akses komunikasi pun menjadi lebih mudah dan anti ribet karena tidak perlu lagi menunggu terlalu lama melalui email.
  3. Jumlah pelanggan bertambah dan omset penjualan meningkat. Dengan lebih mudahnya akses pelanggan untuk mendapatkan informasi tambahan langsung melalui live chat, akan lebih besar juga kesempatan terjualnya produk Anda. Live chat bisa membantu Anda meyakinkan para pelanggan untuk langsung membelinya.

Kehadiran live chat memang dapat memberikan kemudahan bagi setiap pemilik bisnis yang mengandalkan website toko online untuk memasarkan produk-produknya. Pelayanan kepada para pelanggan pun bisa diberikan secara maksimal.

Jika ingin memanfaatkannya di website berbasis WordPress milik Anda, berikut beberapa contoh plugin live chat WordPress yang bisa Anda gunakan.

Click to Chat for WhatsApp Chat

Meningkatkan Jumlah Pelanggan dengan Layanan Live Chat di Toko Online

Bisa dibilang, masyarakat Indonesia sangat familiar dengan aplikasi satu ini. WhatsApp sudah menjadi aplikasi yang wajib dimiliki karena kemudahan akses serta efektifitasnya. Sehingga jika Anda memiliki toko online, Anda wajib memiliki nomor WhatsApp untuk mampu mengakomodir lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Bisnis Online Makin Lancar dengan 5 Plugin WordPress Ini

Jika Anda mengandalkan WhatsApp sebagai fitur live chat dengan para pelanggan, plugin Click to Chat for WhatsApp Chat wajib di-install pada website toko online Anda. Dengan plugin ini, icon WhatsApp akan muncul secara otomatis dan pelanggan bisa melakukan klik untuk terhubung langsung dengan Anda.

Meningkatnya popularitas aplikasi WhatsApp tentu akan membuat plugin Click to Chat for WhatsApp Chat menjadi lebih fungsional untuk website toko online yang Anda kelola. Pelanggan pun tidak perlu terus menerus “online” di website Anda. Mereka bisa lebih leluasa melakukan live chat, bahkan ketika akses ke website Anda telah ditutup.

Baca juga: Manfaatkan Blog untuk Mendapatkan Uang dari Internet dengan 3 Cara Ini

Walau begitu, apabila Anda menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan para pelanggan, nomor Anda akan terlihat dan akan sangat mungkin untuk disebarluaskan. Maka dari itu, penting untuk menggunakan nomor yang memang didedikasikan untuk melayani pertanyaan serta komplain melalui live chat dengan para pelanggan.

WP Live Chat by 3CX

Meningkatkan Jumlah Pelanggan dengan Layanan Live Chat di Toko Online

Ingin memanfaatkan layanan live chat selain WhatsApp? Anda bisa memanfaatkan plugin live chat seperti WP Live Chat by 3CX. Setelah melakukan install, live chat di website toko online Anda bisa langsung diaktifkan. Anda pun bisa segera mengubah tampilannya sesuai dengan desain dari website Anda.

Tampilan yang dimaksud tidak hanya berupa warna, tetapi juga style kolom di live chat yang sudah terpasang. Anda pun bisa mengatur pesan otomatis yang muncul saat pelanggan mengakses live chat untuk pertama kalinya untuk memulai chat baru. Plugin ini pun memungkinkan Anda untuk membuka chat dengan banyak pelanggan secara bersamaan.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Membuat Website Portofolio untuk Freelancer

Bagi para pemilik website berskala kecil dan menengah, plugin WP Live Chat by 3CX bisa menjadi opsi terbaik untuk memaksimalkan pelayanan melalui fitur live chat. Plugin ini hanya bisa dikelola oleh 1 orang admin saja. Untuk memaksimalkan lebih banyak fitur di dalamnya, Anda bisa melakukan upgrade ke versi premium yang berbayar.

Kesimpulan

Memanfaatkan live chat sebagai salah satu metode untuk berkomunikasi dengan pelanggan adalah salah satu cara meningkatkan kepuasan pelayanan. Selain lebih efektif, adanya live chat juga bisa membuat website toko online Anda terlihat lebih profesional dan terpercaya. Dengan begitu, pelanggan juga akan bertambah dan omset pun akan mengikuti.

Sudah siap berbisnis lebih mudah dengan live chat di toko online Anda? Selamat mencoba!
Advertisement

Free and premium blogger templates