10 Microphone Eksternal Terbaik untuk Membuat Video Youtube

Sebagai youtuber yang ingin mendapatkan banyak subscriber dan viewers, maka kamu harus memperhatikan kualitas video yang kamu buat untuk diunggah ke Channel Youtube kamu. Video yang kamu buat harus mempunyai tingkat kualitas yang sangat bagus.
Microphone Eksternal Terbaik untuk Video Youtube

Untuk mendapatkan video dengan kualitas tinggi juga memerlukan beberapa perangkat yang berkualitas juga. Selain harus memiliki kamera dengan kapasitas besar dan resolusi yang tinggi kamu juga harus mempunyai sebuah perangkat bernama microphone untuk merekam audio dari video kamu.

Biasanya, kamera yang berkualitas juga sudah memiliki microphone bawaannya, namun kadang microphone bawaan dari kamera masih belum mempunyai kualitas yang bagus sehingga rekaman audionya pun masih belum maksimal.

Oleh karena itu kamu membutuhkan microphone eksternal yang berkualitas dan bisa memaksimalkan hasil dari video yang kamu buat.

Namun, sebelum kamu membeli microphone eksternal, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis microphone eksternal sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhkan kamu.

Jenis-Jenis Microphone Eksternal Untuk Video Youtube

1. Microphone Condenser

Microphone Condenser adalah microphone yang bisa mengubah suara akustik menjadi sinyal suara digital atau elektromagnetik dengan menggunakan media diafragma dua buah plat besi yang berfungs untuk menerima getaran yang dihasilkan oleh suara input.

Berdasarkan kegunaannya, Microphone Condenser sering digunakan oleh Youtuber-Youtuber yang membuat video tentang game.

2. Microphone Lavalier

Microphone Lavalier adalah buah microphone yang menggunakan ribbon diafgrama sebagai media input sinyal suara dari luar. Microphone Lavalier juga sering disebut sebagai “Clip On Mic” karena Microphone Lavalier sering digunakan oleh pembawa berita atau acara televisi.

Microphone ini cocok bagi kamu yang menjadi seorang travel vlogger karena dengan bentuknya yang relatif kecil akan lebih mudah untuk dibawa kemanapun.

3. Microphone Shotgun

Alasan Microphone yang satu ini dinamakan dengan nama Shotgun adalah karena bentuknya yang menyerupai bentuk senapa shotgun dengan wujud seperti silinder. Microphone ini cocok sekali untuk digunakan pada saat shooting film karena Microphone ini akan menerima hanya satu suara yang berasal dari sumber diarahkannya microphone ini.

Kualitasnya pun sangat bagus dan biasanya para Youtuber yang menggunakan kamera DSLR kerap kali menggunakan Microphone Shotgun juga.

Baca juga:
5 Kamera Murah Berkualitas Untuk Vlogger Pemula
5 Kamera yang Banyak Dipakai Vlogger Pro!

Itu dia 3 jenis microphone yang sering digunakan oleh para Youtuber saat ini, sekarang kamu sudah mengetahui berbagai jenis microphone dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhkan kamu.

Dan sekarang kamu bisa melihat-lihat 10 microphone terbaik dibawah ini yang bisa kamu gunakan untuk membuat video Youtube.

10 Microphone Eksternal Terbaik

Setelah mengetahui bahwa kualitas microphone eksternal lebih baik dari microphone kamera yang kamu gunakan, kamu pasti tertarik untuk membelinya bukan? Tapi, jangan sembarangan dalam membeli microphone eksternal.

Bungfrangki.com akan membantu kamu dalam memilih microphone eksternal terbaik yang cocok buat kamu untuk merekam video Youtube kamu.

1. Rode VideoMic Pro

Microphone terbaik untuk membuat video Youtube yang pertama adalah kamera dari Rode, yaitu Rode VideoMic Pro. Rode VideoMic Pro adalah microphone dengan kualitas yang paling tinggi diantara microphone sekelasnya.

Dengan panjang sekitar 150mm memberikan kualitas audio yang sangat jernih. Biasanya Youtuber yang menggunakan microphone jenis shotgun ini adalah para Youtuber yang juga menggunakan kamera DSLR.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Rode VideoMic Pro adalah daya tahan baterainya yang bisa kamu gunakan selama hampir 70 jam non-stop dengan tegangan 9 volt. Beratnya pun relatif ringan karena hanya sebesar 85g. Fitur yang dimiliki oleh Rode VideoMic Pro juga lumayan banyak, kamu bisa mengatur filter suaranya dibagian belakang microphone.

Microphone ini direkomendasikan jika kamu merekam adegan seperti dialog dan semacamnya, tetapi untuk fungsi lainnya juga masih bisa digunakan. Dengan membawa banyak sekali kelebihan dan tanpa kekurangan, Rode VideoMic Pro dibandrol sekitar Rp1.100.000.

2. Sennheiser MKE 400

Sennheiser MKE 400 merupakan rival dari Rode VideoMic Pro. Hadir dengan kualitas yang setara dengan Rode VideoMic Pro, Sennheiser MKE 400 dilengkapi dengan body yang terbuat dari metal dan bentuknya yang lebih panjang membuat Sennheiser MKE 400 mempunyai kekuatan merekam audio yang sangat panjang sekalipun.

Sennheiser MKE 400 juga memiliki daya tahan baterai yang sangat super, kamu bisa menggunakan Sennheiser MKE 400 selama 300 jam tanpa berhenti sekalipun. Dengan kelebihan yang jauh lebih besar diatas Rode VideoMic Pro, Sennheiser MKE 400 dihargai sekitar Rp3.440.000.

3. Azden SMX-10

Walaupun namanya belum sering terdengar di telinga masyrakat pengguna mrophone eksternal, Azden SMX-10 patut menduduki peringkat ketiga dari 10 Micropone Eksternal Terbaik Untuk Membuat Video Youtube. Azden SMX-10 mempunyai rating yang sangat bagus dipasaran dan kualitas audionya juga cukup jernih.

Azden SMX-10 mempunyai baterai yang lebih besar dari 2 microphone eskternal diatas, yaitu 1000 jam, ya, kamu bisa menggunakan Azden SMX-10 selama 1000 jam. Microphone ini cocok sekali bagi kamu yang hobi travelling sambil membuat vlog. Azden SMX-10 dihargai lebih murah, sekitar Rp1.000.000.

4. Takstar SGC-598

Takstar SGC-598 merupakan salah satu microphone eksternal jenis Shotgun. Dengan harga yang lebih murah lagiTakstar SGC-598 masih mempunyai kualitas rekaman audio yang cukup jernih.

Desain dari Takstar SGC-598 juga cukup simpel, cocok bagi kamu seorang Youtuber atau vlogger pemula yang ingin menggunakan microphone eskternal jenis shotgun. Takstar SGC-598 dibanderol sekitar Rp450.000.

5. Audio-Technica ATR-3350

Sekarang kita akan membahas microphone eksternal jenis lavalier. Audio-Technica ATR-3350 adalah salah satu microphone lavalier yang paling murah tetapi menghasilkan rekaman audio kualitas tinggi. Audio-Technica ATR-3350 mempunyai frekuensi sekitar 50 – 18.000 Hz.

Audio-Technica ATR-3350 cocok digunakan ketika interview atau rekaman audio lainnya dimana posisi suara dekat dengan mic Audio-Technica ATR-3350. Beratnya juga sangat ringan, yaitu sekitar 6g. Audio-Technica ATR-3350 dijual dengan harga sekitar Rp650.000.

6. Boya Mini BY-VM01

Boya Mini BY-VM01 adalah salah satu microphone jenis condenser. Boya Mini BY-VM01 cocok digunakan untuk Broadcasting atau reporting dan sangat ahli dalam merekam audio pada saat berisik. Microphone yang diproduksi dari Boya ini juga sangat cocok untuk dipadukan dengan kamera DSLR.

Dengan frekuensi 30 – 20.000 Hz, Boya Mini BY-VM01 bisa kamu bawa pulang dengan membelinya seharga Rp325.000.

7. Boya BY-GM10

Masih berasal dari produk Boya, Microphone ketujuh dari 10 Microphone Eksternal Terbaik Untuk Membuat Video Youtube adalah Boya BY-GM10. Boya BY-GM10 merupakan salah satu microphone jenis lavalier, Boya BY-GM10 lebih cocok ketika dipakai dengan kamera action seperti GoPro.

Dengan audio jack yang lebih kecil, Boya BY-GM10 bisa merekam audio dan mengubahnya menjadi rekaman audio yang lebih baik. Kamu bisa mendapatkan Boya BY-GM10 dengan harga Rp350.000.

8. Takstar TCM-370

Masih dengan jenis Lavalier, Microphone eksternal terbaik selanjutnya adalah Takstar TCM-370. Microphone Takstar TCM-370 juga memiliki desain yang lebih simpel dibandingkan dengan microphone lavalier lainnya.

Salah satu kelebihan dari Takstar TCM-370 adalah bisa dipasang hampir disemua perangkat, mulai dari PC, sampai laptop dan beberapa smartphone tertentu. Takstar TCM-370 dibanderol dengan harga yang relatif murah, sekitar Rp200.000.

9. Genius 01A

Genius 01A adalah microphone yang lebih cocok ketika diletakkan diatas meja karena terdapat seperti dudukan dibawah microphone yang satu ini. Untuk menggunakannya juga sangat mudah, kamu tinggal menghubungkannya dengan komputer atau laptop kamu.

Jika dirasa perlu kamu bisa menambahkan software pihak ketiga untuk membantu merekam audio dengan microphone Genius 01A. Dipasaran, harga dari Genius 01A sekitar Rp150.000.

Baca juga 10 Software Edt Video Terbaik Untuk Membuat Video Youtube

10. Neewer NW-802

Dan Microphone terbaik terakhir untuk membuat video Youtube adalah Neewer NW-802. Microphone Neewer NW-802 juga merupakan microphone jenis Lavalier. Mudah dibawa kemana-mana dan paling sering digunakan pada saat presentasi.

Namun, salah satu kekurangan dari Neewer NW-802 adalah, tidak bisa merekam secara maksimal ketika kondisinya berisik seperti di luar ruangan. Mungkin Neewer NW-802 adalah microphone lavalier yang paling murah karena harganya hanya sekitar Rp50.000.

Sekarang kamu tahukan microphone eksternal juga penting perannya dalam membuat video Youtube kamu semakin berkualitas. Bungfrangki.com juga merekomendasikan kamu untuk membeli microphone yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis video Youtube yang akan kamu buat.

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.